Ternyata Ini Manfaat Roti yang Tersembunyi..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Jika dulu kita beranggapan roti adalah makanan yang mahal, kini anggapan itu sudah hilang pasalnya, sekarang roti sudah menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi. Roti yang berbahan dasar tepung terigu dan air lalu difermentasikan dengan ragi.

Perkembangan industri pangan saat ini membuat roti tidak hanya mengandung karbohidrat saja tetapi juga mengandung protein serta lemak yang dibutuhkan tubuh. Roti yang dikenal sebagai cemilan adalah jenis roti manis dengan berbagai isian, atau roti tawar yang ditambahan dengan berbagai macam selai ataupun sayuran. Karbohidrat yang terkandung dalam roti, menjadikan roti sebagai sumber energi yang baik jika dikonsumsi saat sarapan pagi.

Didalam roti sendiri mengandung zat yang bermanfaat, seperti vitamin B1, vitamin B2, dan niasin serta sejumlah mineral berupa zat besi, yodium, kalsium, dan kandungan mineral lainnya. Belakangan ini, untuk meningkatkan mutu protein bagi tubuh, roti juga diperkaya dengan asam lemak tidak jenuh ganda (PUFA), terutama kelompok omega-3 seperti EPA ( asam eikosapentaenoat ) dan DHA ( asam dokosaheksaenoat ). Roti isi tuna adalah salah satu contoh roti yang diperkaya omega-3.

Roti merupakan cemilan yang dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Penelitian telah membuktikan bahwa pentingnya penambahan PUFA ke dalam makanan formula untuk mendukung perkembangan  balita. PUFA dapat meningkatkan kemampuan anak untuk memusatkan perhatian, memecahkan masalah, dan penglihatan (visual). Dari nilai plus roti, apalagi yang difortifikasi berbagai zat gizi, jelas roti merupakan hidangan alternatif yang baik bagi menu keluarga..(*Prof. Dr. Made Astawan (Guru Besar pada Departemen Teknologi Pangan dan Gizi, Institut Pertanian Bogor).

Roti sangat cocok untuk semua kalangan usia, dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya mereka mengkonsumsi roti tawar ataupun manis dengan menambahkan selai, seperti Roti Duo isi cream cerees, chocolate, skrikaya, choco cheese, naugat dan cheese speed sangat cocok untuk dinikmati saat cemil santai. Ukuran Roti Duo yang cukup besar, cukup untuk dikonsumsi bersama keluarga. Karena kandungan zat diroti yang sangat bermanfaat ini membuat roti memiliki beberapa manfaat untuk tubuh kita, berikut pemaparannya :

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengapa demikian? Karena kandungan serat didalam roti dapat membantu melancarkan penceraan sehingga pencernaan menjadi sehat.

2. Sumber Energi

Karena kandungan karbohidrat yang ada diroti baik untuk menambah energi. Dengan memakan roti pada pagi hari dapat membuat perut terasa keyang lebih lama.

3. Baik Untuk Tulang

Bagi kamu yang tidak suka minum susu, mungkin roti menjadi salah satu alternatif untuk kesehatan tulang. Karena roti mengandung kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang.

4. Mencukupi Kebutuhan Vitamin tubuh

Mengkonsumsi roti dengan secukupnya tanpa berlebihan akan mendapatkan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa vitamin yang terkandung didalam roti ialah vitamin b.

Wah, makin semangat yaa mengkonsumsi roti mulai sekarang, setelah mengeratahui beberapa manfaatnya.. tapi ingat yaa rotiholic jangan makan berlebihan yaa…

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram