Liburan ke 5 Tempat Wisata Populer di Batam Ini, Yuk!

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

Selain dikenal sebagai kota industri yang juga berada di jalur pelayaran internasional, Kota Batam ternyata menyimpan beragam tempat wisata yang banyak menarik minat wisatawan, lho. Memiliki luas total mencapai 960.25 kilometer persegi, Kota Batam ternyata menyimpan surga wisata yang patut dikunjungi oleh masyarakat lokal maupun wisatawan yang berkunjung. By the way, baca ulasan di bawah ini yuk mengenai apa aja tempat wisata yang populer di Kota Batam. Check it out!

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang. (sumber: indozone.com)

Menjadi ikon bagi Kota Batam, jembatan Barelang tentu menduduki posisi pertama sebagai tempat wisata yang populer di Kota Batam. Barelang sendiri merupakan singkatan dari nama-nama pulau yang dihubungkan olehnya, yaitu Batam, Rempang, dan Galang. Diprakarsai oleh Presiden RI ke-3 B.J. Habibie, jembatan Barelang ini telah berdiri selama 21 tahun sejak dibangun pada tahun 1998, lho. Untuk para wisawatan yang hendak berkunjung, di jembatan ini kamu bisa melihat keindahan pulau-pulau dan lautan sekitar pada siang ataupun sore hari, dan bisa memandangi kelap-kelip lampu jembatan di malam hari. Di sepajang jembatan ini juga akan kamu temui berbagai jajanan lokal seperti jagung bakar, kepiting yang dikeringkan, hingga sate, lho. Soal penginapan ataupun restoran, jangan khawatir karena ada banyak pilihan yang bisa kamu jadikan referensi menginap ataupun tempat makan bersama keluarga dan kerabat. Jalan utama jembatan Barelang juga bisa kamu jadikan sebagai track berolahraga seperti bersepeda ataupun maraton. Seru banget, kan?

Pulau Ranoh

Pulau Ranoh. (sumber: iNews.id)

Karena berada di daerah kepulauan, Kota Batam tentu dikelilingi oleh berbagai pulau-pulau kecil yang juga menyimpan surga pantai bagi wisatawan, lho. Salah satu pulau yang harus kamu kunjungi untuk mencari angin segar dari lelahnya rutinitas dan hiruk pikuk kota adalah Pulau Ranoh. Untuk bisa mencapai ke pulau ini, kamu harus terlebih dahulu melewati keenam jembatan Barelang, lalu menyeberang ke pulaunya menggunakan sampan ataupun pompong.

Memiliki pantai yang bersih, pasir yang masih putih dan air laut yang jernih, Pulau Ranoh tentu menjadi salah satu destinasi yang eksotis untuk kamu yang menyukai wisata pantai, lho. Jangan khawatir mengenai akomodasi serta penginapan di pulau ini, karena semua tersedia lengkap. Maka ada baiknya sebelum berkunjung ke pulau ini, kamu melakukan reservasi terlebih dahulu, ya! Membawa beragam persiapan perbekalan seperti makanan dan jajanan sangat dianjurkan, ya!

Mega Wisata Ocarina

Giant Wheel di Mega Wisata Ocarina. (sumber: travelspromo.com)

Merupakan sebuah taman bermain terbesar di Kota Batam, Mega Wisata Ocarina juga cocok untuk dikunjungi oleh warga lokal ataupun wisatawan, lho. Diresmikan oleh Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono pada bulan Januari 2009, taman bermain ini ternyata dibangun di lahan seluas 40 hektare! Berada di tepian Teluk Kering, dan komplek perumahan mewah Coastarina, Mega WIsata Ocarina dilengkapi dengan beragam wahana bermain yang bisa kamu cobain. Bisa dinikmati bareng teman, keluarga ataupun sahabat, wahana-wahanan bermain yang tersedia yaitu Giant Wheel, Ekstrem Sky Runners, 360 Madness, Robot Rail dan Happy Rocking Bus. Gimana? Penasaran buat nyobain? Selain memiliki beragam wahanan bermain yang sudah disebutkan, di Mega Wisata Ocarina juga terdapat penyewaan sepeda, lho. Asyik banget kan melewati weekend dengan orang tersayang di sana? Daripada penasaran, yuk berkunjung ke Mega Wisata Ocarina di weekendkali ini!

Hutan Wisata Mata Kucing

Fasilistas Kolan Renang Hutan Wisata Mata Kucing Batam. (sumber: colourfullkepri.wordpress.com)

Biasa disebut juga sebagai kebun binatang nya Kota Batam, Hutan Wisata Mata Kucing bisa jadi tempat wisata bagi kamu dan keluarga yang menyukai dunia fauna, lho. Terdiri dari beberapa fauna seperti buaya, beruang hitam, burung elang, monyet dan beberapa spesies ikan-ikanan, Hutan Wisata Mata Kucing wajib untuk kamu datangi. Selain menjadi rumah bagi beberapa spesies fauna, Hutan Wisata Mata Kucing juga memiliki wahanan permainan serta kolan renang. Terletak di Jl. R. Suprapto, Desa Kibing, Kecamatan Batu Aji, Hutan Wisata Mata Kucing buka dari hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.30 hingga pukul 18.00 dan buka di hari Minggu dan hari libur nasional mulai pukul 08.00 hingga 18.00.

Kem Pengungsi Galang

Peninggalan Kapal Pengungsi di Kem Vietnam. (sumber: blog.misteraladin.com)

Merupakan sebuah kem bagi pengungsi orang Vietnam yang berada di Pulau Galang, jembatan 6 Barelang, Kem Pengungsi Galang menjadi tempat wisata yang harus banget kamu datangi. Berkunjung ke sini, bisa menjadi wisata sejarah yang tentunya akan me-refresh pikiran serta menambah pengetahuan. Beroperasi dari mulai pukul 07.30 hingga 16.30, kamu cukup menggunakan satu kendaraan darat dari Kota Batam. Bisa menaiki motor/mobil/bus, kamu akan melewati keenam Jembatan Barelang lalu Memorial of Galang hingga sampailan di Kampung Vietnam. Terletak sekitar 60 km dari Kota Batam, di kem pengungsi Galang ini terdapat beberapa peninggalan pengungsi berupa kapal-kapal yang digunakan pengungsi, beberapa fasilitas yang dahulunya sering digunakan seperti rumah sakit, tempat ibadah, sekolah hingga penjara. Pemakaman bagi para pengungsi yang sudah tiada pun juga ada di sana.

So, ada rencana kemana nih di weekend kali ini? Jika sudah ada rencana mau kemana, jangan lupa kulinerannya, ya. Daripada bingung harus bawa camilan apa, tenang ada Roti Duo, ya! (*)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram